Satresnarkoba Polrestabes Surabaya Amankan 1,8 Kg Sabu Dari 7 Orang Tersangka

Surabaya – Menjelang hari Bhayangkara ke-74 yang bertepatan papda tanggal 1 Juli 2020, membongkar sindikat narkotika jaringan lembaga pemasyarakatan (Lapas) di Jatim. Sebanyak tujuh orang diamankan. Sementara barang bukti yang disita yakni seberat 1,8 kilogram sabu.

Dari 1,8 Kg sabu tersebut terprinci dari 153,50 gram sabu warna hijau, sementara sisanya merupakan sabu warna putih.

“Pengungkapan sabu hijau ini merupakan modus baru, ini baru pertama kali kita ungkap. Ada tujuh tersangka yang kita amankan. Total barang buktinya ada sebanyak 1,8 kilogram,” sebut Kasatresnarkoba Polrestabes Surabaya AKBP Memo Ardian, saat pimpin konferensi pers Selasa (30/6/2020).

Dari penjelasan AKBP Memo Ardian mengungkapkan peredaran sabu-sabu ini berawal dari penangkapan tersangka berinisial ME (31) dan AF (51) warga Gresik. Keduanya disergap petugas di rumah kosnya di Jalan Semambung pada hari Jum’at (12/06/2020) yang lalu.

Dari keduanya petugas mendapatkan barang bukti berupa sabu hijau dan delapan butir pil koplo, JN mengaku perbuatannya atas kenda seorang napi yang berada di salah satu lapas di Jawa Timur.

“Tersangka ini mengaku jika diperintah seorang napi berinisial JN yang juga dikendalikan oleh salah satu napi di Lapas Jatim berinisial TB,” terang AKBP Memo Ardian.

Tidak berhenti sampai di situ, setelah mengamankan tersangka SA. Tim kembali mengamankan tersangka Jon di rumahnya Jalan Dukuh Gemol, Surabaya. Sayangnya, petugas tidak menemukan barang bukti apapun dari tangan Jon.

“Setelah kami interogasi, Jonni mengaku sabu miliknya ada di rumah kosnya di kawasan Kedurus, Surabaya. Ternyata di rumah kos itu ada dua orang yang merupakan pasangan suami istri siri tengah asik mengkonsumsi sabu-sabu,” tambahnya.

Pasutri siri itu adalah FK (32) dan SM(32), warga Jalan Kedurus, Surabaya. Tersangka FB merupakan adik kandung tersangka Jon. Dialah yang selama ini turut serta memuluskan bisnis haram kakaknya tersebut.

“Dari penggerebekan itu, kami menyita barang bukti dua bungkus plastik berisi sabu seberat 41,87 gram, empat buah pipet kaca yang masih berisi sisa sabu. Namun, Jon mengakui masih memiliki sabu di rumah kosnya tadi,” tandas AKBP Memo Ardian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *