Jaringan Narkoba Lintas Provinsi Berhasil Dibekuk Polisi

Surabaya – Komplotan jaringan Narkotika lintas Sumatera-Jawa berhasil ditangkap Satresnarkoba Polrestabes Surabaya dengan barang bukti seberat 8 kg sabu-sabu dari dua orang tersangka berinisial HL (42) dan DI (31) dengan modus menjual durian dari Medan menggunakan dua unit mobil Ertiga Zusuki.

Penangkapan dua tersangka ini berawal dari pengungkapan kasus yang sama terhadap JS (30) pada pertengahan bulan November 2020 dengan barang bukti sekitar 48,98 gram sabu dan tersangka MZ yang diamankan pada hari Kamis 7 Januari 2021 yang lalu beserta barang bukti sekitar 54,9 gram sabu.

Stelah dilakukan pemeriksaan terhadap dua orang tesangka tersebut, petugas berhasil mendapatkan informasi bahwa akan ada pengiriman narkoba jenis sabu dari Medan Sumatera Barat menuju Surabaya Jawa Timur, sehingga pada hari Rabu tgl 20 Januari 2021 sekitar pukul 20.00 WIB Tim Opsnal Unit I Satresnarkoba Polrestabes Surabaya berangkat menuju Sumatera untuk melakukan pengembangan.

Setelah melakukan penyelidikan selama dua hari, petugas mendapati dua unit mobil ertiga melintas di sekitar SPBU Sengeti jalan Lintas Sumatera Kabupaten Muaro Jambi, Provinsi Jambi yang diduga ditunggangi para tersangka. Kemudia petugas melakukan penggerebekan terhadap dua unit mobil tesebut dan ternyata benar didalam didapati dua orang tersangka HL dan DI dengan barang bukti 8 Kg Sabu.

Dari keterangan Wakapolrestabes Surabaya, AKBP Hartoyo, S.I.K., M.H., mengatakan, pada saat pengerebekan keduanya melakukan perlawan terhadap petugas sehingga dengan terpaksa petugas memberikan tembakan peringatan. Namun, tidak di hiraukan sama sekali.

“Kemudian oleh petugas diberikan tembakan peringatan. Namun, kedua orang tersebut tetap melakukan perlawanan sehingga akhirnya petugas terpaksa melumpuhkan kedua tersangka dengan menembakkan timah panas di kedua betisnya,” jelas AKBP Hartoyo.

Kemudian Kasatresnarkoba Polrestabes Surabaya, AKBP Memo Ardian menambahkan bahwa tujuan dari rencana peredaran obat terlarang tersebut akan di edarkan di daerah Surabaya dan sekitarnya. “Mereka menggunakan dua kendaraan, yang pertama tujuannya untuk pengawalan dan satuanya untuk mengangkut barangnya,” ucap AKBP Memo.

Akibat perbuatannya, para tersangka ini kita kenakan pasal 115 ke 114 dan 115 dan 112 undang-undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang penyalahgunaan narkotika.

Comments |0|

Legend *) Required fields are marked
**) You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>