Pada momen Idul Adha 1439 Hijriyah, keluarga besar Polres Tulungagung menyediakan hewan kurban sebanyak 4 ekor sapi dan 47 ekor kambing. Hewan tersebut di antaranya berasal dari Kapolres Tulungagung AKBP Tofik Sukendar sebanyak 2 ekor sapi dan beberapa kambing dari keluarga yang terdiri dari istri dan anak-anak serta puluhan yang lain berasal dari masing-masing satuan, intansi dan perseorangan.

Tofik datang dengan menaiki becak tanpa pengawalan ke lokasi penyembelihan hewan kurban yang berada di belakang (timur) RSU Bhayangkara Tulungagung. Dalam sambutannya, kapolres meminta agar dalam berkurban hendaknya meneladani sejarah yang diajarkan Nabi Ibrahim AS.

“Beliau mencontohkan keikhlasan tingkat tinggi. Alhamdulillah Allah Maha Adil dan Bijaksana sehingga mukjizat Allah turun dan anak Nabi Ibrahim diganti dengan domba atau kambing,” kata kapolres dalam sambutannya

Kapolres juga meminta agar pembagian daging pada kesempatan kali ini lebih tepat sasaran karena tidak semua masyarakat menikmati daging dalam menu kesehariannya. “Saya harap daging hasil kurban disalurkan kepada orang yang tepat. Kita tahu tidak semua warga kita menikmati menu berupa daging ini,” ucapnya.

Pasca prosesi penyerahan hewan, panitia melaksanakan proses pemotongan oleh tim yang telah bersiap melaksanakan tugasnya. Selain yang dipotong di lokasi, panitia kurban juga menyalurkan hewan yang masih hidup ke beberapa tempat. Di antaranya ke pantai asuhan, takmir masjid hingga masyarakat. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here