Kapolri Katakan Saat Ini Satgas Pangan Cek Kembali Stok Beras Nasional

0
21

Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengatakan saat ini Satgas Pangan mengecek kembali stok beras nasional. Ini karena harga beras melonjak.

“Satgas Pangan mengecek suplai, apakah cukup betul karena ada informasi suplai cukup karena musim panen, stok juga cukup. Tapi ada pendapat juga suplai terganggu karena cuaca sekarang banyak hujan ini. Nah sekarang ini tahapnya koordinasi untuk melihat data apakah benar-benar cukup atau tidak,” kata Tito.

Hal itu disampaikan Tito usai menghadiri acara Perayaan Natal Polri di Auditorium PTIK/STIK, Jl Tirtayasa, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (9/1/2018).Pengecekan stok beras medium ini melibatkan Kementerian Perdagangan, Kementerian Pertanian dan Bulog. Tito menjelaskan pengecekan stok beras dilakukan hingga ke daerah-daerah.

“Satgas Pangan mengecek sampai ke daerah, apakah suplai bermasalah atau tidak atau distribusinya,” ujar Tito.

Tito menerangkan ada dua hal yang menyebabkan harga beras naik yaitu stok untuk disuplai ke masyarakatnya kurang dan proses distribusinya terganggu. Kedua hal itulah yang akan diselidiki Satgas Pangan.Harga naik itu kan bisa karena suplainya memang kurang, barang enggak ada, otomatis pasti harga naik. Atau suplai cukup tapi distribusi ada yang mainkan. Sampai saat ini kita sama-sama mengecek dengan Mentan Bulog dan Perdagangan, apakah ini faktor suplai atau distribusi,” jelas Tito.

Untuk mengatasi kenaikan harga beras ini, Tito menuturkan langkah utama yang dilakukan Satgas Pangan adalah dengan mengadakan Operasi Pasar.

“Tapi langkah utama untuk menekan harga adalah Operasi Pasar. Operasi pasar sedang dikerjakan,” tutur Tito.

Sumber: DetikFinance

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here