Kepolisian Daerah Banten menggelar rapat internal di awal tahun 2018. Rapat internal yang digelar di Rupatama Mapolda Banten ini diikuti oleh seluruh pejabat utama dan Kapolres jajaran Polda Banten, Senin (08/01).

Kapolda Banten Brigjen Pol Listyo Sigit Prabowo bertindak sebagai pimpinan rapat membahas kesiapan menghadapi pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2018 serentak di tiga wilayah hukum Polda Banten.

Dari ketiga wilayah tersebut antara lain, Kabupaten Lebak, Kabupaten Tangerang, dan Kota Serang.

Dalam arahannya, Kapolda Banten mengatakan, memasuki tahun 2018 ini merupakan awal dari tahun politik.

Untuk itu, sigit memerintahkan jajarannya untuk segera mempersiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan pelaksanaanya nanti.

“Saat ini kita masuk tahun politik, maka dari itu segera menyiapkan kebutuhan anggaran dan sistem pengamanan yang baik,” kata Kapolda Banten.

Menyoroti ‘Money Politik’, secara tegas ia tak ingin dalam proses pemilihan pemimpin daerah nanti hal seperti itu terjadi.

Alih-alih pemerintah telah menggelontorkan dana yang tidak kecil, praktek uang di dunia politik akan menghasilkan pemimpin yang bobrok.

“Jika dibiarkan hanya menunggu waktu saja bahwa bupati/gubernur ditangkap Polisi, Jaksa dan KPK. Sia-sia negara sudah mengeluarkan uang besar untuk melaksanakan pemilukada tetapi endingnya malah tidak baik.” ungkapnya.

Selain itu, Sigit memerintahkan Kapolres jajaran untuk memberikan pemahaman kepada para calon kepala daerah agar bersaing secara sehat tanpa menghilangkan norma-norma yang ada.

“Segera berikan pemahaman kepada calon dan kelompoknya nanti, agar tidak saling menghujat dan mempunyai komitmen untuk menjaga kondusifitas,” imbuhnya.

Dikesempatan lainnya, Wakapolda Banten Kombes Pol Tomex Kurniawan menuturkan, personel yang terlibat pelaksanaan pilkada agar diberikan pembekalan terkait pola dan Standar Operasional Prosedur (SOP) pengamananannya.

“Laksanakan pelatihan, baik pam TPS, sispam kota (sistem/pola pengamanan-red), dan pemahaman SOP,” tutur Wakapolda Banten Kombes Pol Tomex Kurniawan.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here