Rabu, 18 Oktober 2017

Jakarta – Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Idham Azis melakukan tindakan Pemberhentian Tidak Dengan Hormat (PTDH) dua anggotanya yang telah melakukan pelanggaran saat bertugas.

Dua anggota yang di PTDH yang pertama yakni Briptu Heri Ismail, anggota Polsek Kepulauan Seribu Utara Polres Kepulauan Seribu karena kasus Desersi atau tidak menjalankan tigas selama 85 hari berturut-turut, sebagaimana diatur dalam Pasal 14 ayat 1 huruf A PPRI No.1 tahun 2003 tentang Pemberhentian anggota Polri.

Kedua adalah Bripka Didik Pramono, anggota Renmin Dit Narkoba Polda Metro Jaya, karena melakukan tindak pidana pembunuhan berencana, sebagaimana diatur dalam Pasal 12 ayat 1 huruf A PPRI No. 1 Tahun 2003 tentang PTDH.

“Kalau gak salah itu pembunuhan di Karawaci, 2012 yang lalu. Memang kalau kasus pidana prosesnya harus lama setelah inkrah baru bisa kita lakukan PTDH,” kata Irjen Pol Idham di halaman Dit Lantas Polda Metro Jaya, Rabu, (18/10/2017).

Selain melakukan tindakan PTDH, dalam kesempatan yang sama Kapolda juga memberikan reward kepada delapan anggotanya yang berprestasi. Enam orang anggota polri yakni Ipda Yohanes Inu Hardi P Nrp. 80111100 Pamin 3 Subbag Renmin Bidkeu PMJ, Bripda Mohamad Mu’arif Nrp. 94100866 Bamin Ur APK Subbid BIA dan APK Bidkeu PMJ, Brigadir Saiful Rahmat.SH Nrp.81020869, Bamin 2 Subbag Renmin Biro Sarpras PMJ, Brigadir Beni Efriansyah Nrp.88060986 Bamin 6 Subbag Renmin Biro Sarpras PMJ, Brigadir Edi Setyawan Nrp.85091445 Bamin 1 Bag Info Biro Sarpras PMJ, Brigadir Asep Saefudin Juhri.SH. Nrp.81090804 PS Pamin Data Urku Subbag Renmin Biro Sarpras PMJ.

Ke enam anggota tersebut di atas berhasil melaksanakan tugas sebagai operator SIMAK BMN dalam melakukan rekonsiliasi data aset yang dimiliki Polda Metro Jaya dalam waktu singkat guna mempertahankan opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari BPK.

Sedangkan dua anggota yakni Kompol Jubaedi.SH Nrp. 63020271 Kasubbag Bin Ops Polres Metro Jakut dan Iptu Suparno Nrp. 66010100 KBO Sat Binmas Polres Metro Jakut mendapat penghargaan karena keduanya telah membantu dan menyelamatkan seorang ibu hamil dan melahirkan di dalam mobil dinas Patroli Sat Binmas Polres Metro Jakut.

Irjen Pol Idham menjelaskan, PTDH dan reward di upacarakan agar menjadi pelajaran bagi anggota yang lain. Sehingga mau berlomba-lomba untuk berprestasi dan tidak melakukan pelanggaran. Hal tersebut juga sebagai konsistensi dirinya untuk menciptakan persaingan kerja yang sehat.

“Anggota-anggota yang berprestasi kita reward mereka, kita beri dia penghargaan Apakah itu dalam bentuk jabatan, Apakah itu dalam bentuk sekolah nantinya. Untuk anggota kita juga yang melakukan pelanggaran sesuai dengan kriteria pelanggarannya apakah disiplin, apakah pelanggaran etika, atau pelanggaran pidana, kita tindak juga kita tunjukkan konsistensi,” kata Irjen Pol Idham.

Menurut Irjen Pol Idham, jika tidak dilakukan tindakan tegas maka akan menular kepada anggota lain dan terjadi persaingan yang tidak sehat atau kecemburuan sosial antar anggota.

“Sehingga anggota yang lain pasti bilang yang rajin rajin yang malas malas tidak ditindak, kira-kira seperti itu, apalagi kalau pelanggaran dia pelanggaran pidana,” tutur Kapolda menyudahi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here