Beberapa profesi yang kerap terpapar intensitas suara tinggi atau bising seperti di pabrik mesin atau yang memang gemar menggunakan earphone untuk mendengarkan musik, tentu rentan mengalami gangguan pendengaran. Meski tampak sepele, jika dibiarkan terus menerus akan memiliki dampak. Seperti apa dampaknya?

“Dampaknya, pasti penurunan pendengarannya bersifat permanen. Tidak bisa diperbaiki, makin menurun, iya,” kata dr Linda Herliana, SpTHT-KL, Mkes, dokter spesialis telinga hidung dan tenggorokan dari RS Permata Depok, saat ditemuiĀ detikHealth.

Tak hanya itu, karena telinga mempunyai sistem keseimbangan, ketika mendengarkan suara bising dan menyebabkan pendengaran menurun maka keseimbangan tersebut bisa terganggu. Akibatnya timbul masalah seperti vertigo.

“Ketika pendengaran menurun terlalu jauh atau terlalu cepat, tidak sesuai dengan usia, keseimbangan salah satunya bisa terganggu, seperti vertigo atau pusing berputar. Walaupun tidak dominan membuat vertigo,” tutur dr Linda.

“Suplai oksigen atau aliran darah ke telinga terdalam kan berkurang nih, akhirnya ya vertigo,” sambung dr Linda.

Maka itu, gunakanlah alat pelindung. Misal bekerja di pabrik sebaiknya gunakan ear muff dan jika memang gemar menggunakan earphone belilah yang kualitasnya bagus.

“Kalau di pabrik itu biasanya ear muff, atau misal yang suka pakai earphone beli yang kualitasnya bagus jangan setengah-setengah. Kalau earphone yang harganya bagus pada frekuensi tinggi atau tidak baik bagi telinga otomatis akan meredam,” pungkas dr Linda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here